Kontra

Korupsi Menggurita Para Pejabat, Masyarakat Siap Lapor Dugaan Korupsi Bansos Eks Bupati OKI ke KPK

Korupsi Bansos jadi budaya dan trend center

Korupsi Bansos jadi budaya dan trend center

Konspirasinews – Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma. Hal ini juga diterapkan oleh para koruptor di Indonesia dalam mencari jalan dan celah melakukan korupsi. Salah satu peluang korupsi yang saat ini marak dan menjadi trend center terjadi di daerah adalah korupsi alokasi dana bantuan sosial (bansos). Padahal dana yang sejatinya untuk kepentingan sosial kemasyarakatan itu justru digunakan untuk kepentingan segelintir orang.

Kali ini kelompok massa tergabung dalam Front Masyarakat Sumatera Selatan (FMSS) membeberkan adanya dugaan korupsi bansos yang dilakukan oleh Mantan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Ishak Mekki. Disebutkannya, dugaan kasus korupsi terjadi saat Ishak menjabat sebagai Bupati OKI periode tahun 2004-2013 dengan total kerugian negara diperkirakan sebesar Rp. 976 Miliar.

“Sebagai elemen masyarakat yang bertanggung jawab terhadap terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berwibawa, maka kami mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut tuntas dugaan korupsi yang dilakukan Ishak Mekki. Segera panggil dan periksa Ishak,” tegas Ketua FMSS Hendra Sumarno saat jumpa pers di Pasar Festival Jl. HR. Rasuna Said Kuningan Jakarta Selatan, Kamis (29/10/2015).

Lebih lanjut, Hendra menengarai dana korupsi bansos tersebut juga mengalir kepada keluarga dan kroni-kroni Wakil Gubernur Sumsel tersebut yang banyak memegang jabatan dalam organisasi kemasyarakatan. Peristiwa ini, lanjut Hendra, mirip dengan dinasti Ratu Atut Chosiyah di Banten. Dimana pihak Kepala Daerah dan kerabatnya merupakan pihak yang paling diuntungkan secara materiil atas kebijakan pemberian dana bansos tersebut.

“Kami menduga dana itu mengalir kepada kerabatnya khususnya keluarga dan orang-orang terdekat Ishak Mekki,” jelas Hendra.

Maka itu, tambah Hendra, pihaknya bersama elemen masyarakat lainnya menyiapkan berkas dokumen dugaan kasus bansos tersebut dan berencana akan melaporkannya kepada tiga penegak hukum di Indonesia baik KPK, Polri dan Kejaksaan pekan depan.

“Kami akan sampaikan berkas-berkas dokumen dugaan kasus Bansos Ishak Mekky ini kepada pihak KPK, Polri dan Kejaksaan,” ungkap dia.

Selain itu, Hendra juga menyoroti jabatan Wagub Sumsel yang diembannya saat ini. Politikus Partai Demokrat itu, sebut Hendra, kerap menggunakan fasilitas negara dalam memberikan dukungan kepada anaknya Muchendi Ishak Mekki yang mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati OKI periode mendatang.

“Hal ini jelas telah melanggar aturan yang berlaku,” kata dia.

Lebih jauh, Hendra mengemukakan peristiwa lainnya yang saat ini sedang heboh adalah kabut asap sebagai akibat kebakaran hutan tidaklah lepas dari tanggung jawab Ishak yang pernah menjabat Bupati OKI. Saat itu Ishak memberikan banyak izin bagi perusahaan swasta dalam membuka lahan perkebunan.

“Diduga terjadi banyak penyalahgunaan didalam proses keluarnya perizinan tersebut,” pungas Hendra.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Independen Online Media of Indonesia brings the Latest News & Top Breaking headlines on Politics and Current Affairs in Indonesia & around the World, Sports, Business.

MERDESA ATAU MATI !!.

Copyright © 2017 Konspirasinews.com

To Top