Pro

PDIP: Cabut PP Pengupahan, Tetapkan Upah Layak Nasional 2016

RiekeKonspirasinews – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Rieke Diah Pitaloka menilai upah buruh yang selama ini sudah rendah semakin jauh dari layak dan tingkat kesejahteraan pekerja/buruh.

“Nampaknya juga akan semakin memburuk, dan akan berdampak pada merosotnya daya beli buruh,” kata Rieke, Jumat (30/10/2015).  

Dijelaskan Politisi PDI Perjuangan itu, pada bulan September dan Oktober 2015 mekanisme penentuan pengupahan untuk tahun depan telah berlangsung di dewan pengupahan melalui survei Komponen Hidup Layak (KHL) dan November Gubernur akan memutuskan kenaikan upah untuk 2016 tetapi PP Pengupahan memangkas proses tersebut.

“PP Pengupahan juga meniadakan komponen hidup layak dan menghilangkan survei pasar sehigga angka kenaikan upah yang dimunculkan tidak realistis dan cenderung menafikan dampak kebijakan ekonomi terhadap rakyat,” tutur dia.

Lebih lanjut, Rieke mengatakan PP Pengupahan juga memberangus proses musyawarah dalam dialog sosial yang seharusnya mutlak dipertahankan untuk membangun relasi tripartit (pekerja, pengusaha, pemerintah) di dalam Dewan Pengupahan. Saat tripartite dihapus, maka secara otomatis Dewan Pengupahan pun dipenggal.

“PP Pengupahan adalah kemunduran besar dalam kerangka mewujudkan kesejahteraan pekerja dan mengembalikan politik buruh murah orde baru yang sekedar menjadikan upah buruh rendah sebagai komoditas untuk menarik investasi,” beber dia.

Lebih jauh, dirinya mendukung penuh aksi buruh yang berjuang menuntut pencabutan PP 78/2015 tentang Pengupahan dan memperjuangkan kenaikan upah layak nasional 2016 bagi pekerja dan keluarganya.

“Saya juga mengingatkan Presiden Jokowi untuk memenuhi janji politik pada saat Pilpres kepada rakyat pekerja yaitu Trilayak: Kerja layak, upah layak dan hidup layak,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Independen Online Media of Indonesia brings the Latest News & Top Breaking headlines on Politics and Current Affairs in Indonesia & around the World, Sports, Business.

MERDESA ATAU MATI !!.

Copyright © 2017 Konspirasinews.com

To Top