Pro

Potensi Lontar Bakal Dikenalkan Bima Fanggidae Kepada Jokowi

Jakarta – Bakal calon Bupati Rote Ndao, Bima Fanggidae mengatakan bahwa masyarakat Rote sangat antusias dengan rencana kedatangan Presiden Joko Wododo ke Pulau Rote. Apalagi kedatangan orang nomor satu di Republik Indonesia itu merupakan kunjungan pertama.

“Rencana kedatangan Presiden Jokowi ke Rote sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Rote. Kami mengapresiasi rencana ini karena ini merupakan kunjungan pertama yang dilakukan oleh Presiden Indonesia,” kata Bima kepada wartawan melalui sambungan telepon, Senin (14/8/2017).

Selain itu, Bima juga menegaskan jika kedatangan Presiden Jokowi ke Kabupaten Rote merupakan insiden langka, pasalnya nantinya Jokowi adalah Presiden Indonesia yang bertama kali datang ke Kabupaten Rote.

Ia mengaku bahwa masyarakat Rote sangat berharap kedatangan Presiden tersebut bisa membawakan berkah tersendiri bagi Kabupaten Rote yang disebut merupakan Kabupaten termiskin di Indonesia itu.

“Belum pernah presiden-presiden terdahulu datang mengunjungi bagian terselatan dari NKRI. Mudah-mudahan dengan kedatangan beliau, Rote bisa lebih dikenal (publik) dan diperhatikan,” tukasnya.

Sementara itu, Bima mengatakan bahwa sebenarnya Kabupaten Rote memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar. Salah satunya adalah sektor perindustrian. Karena menurutnya, Rote merupakan pulau dengan sejuta pohon lontar yang memiliki manfaat yang sangat besar jika bisa dikelola dengan baik, sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PDA) Kabupaten Rote.

“Dari buah lontar ini bisa menghasilkan banyak produk turunan dan semuanya adalah ilmu turunan dari nenek moyang. Hanya masyarakat Rote yang bisa mengolahnya, di tempat lain tidak ada,” kata Bima.

Sayangnya, potensi agrobisnis lontar ini belum dilirik dan difasilitasi oleh pemerintah daerah hingga saat ini. Bima dan Ernest telah menawarkan solusi untuk mendobrak kebuntuan masyarakat ini. Caranya, lewat program edukasi dan sosialisasi turun langsung ke masyarakat bawah.

“Nilai jualnya tinggi dan kalau digarap marketnya secara serius bisa menaikkan kesejahteraan masyarakat. Nah sayangnya karena ini kurang didukung pemda saat ini sehingga pemasarannya juga tidak berjalan dengan baik. Kami akan coba buka akses market lontar di level nasional hingga global,” tegas dia.

Selain potensi sektor perindustrian itu, Bima yang juga menggandeng eks Sekretaris Dewan Ernest Pella itu juga mengatakan bahwa Rote juga memiliki kekayaan alam luatnya sebagai destinasi wisata.

Namun demikian, sampai saat ini potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Rote tersebut kurang tergarap dengan baik lantaran dukungan dari pemerintah pusat. Untuk itu, ia sangat berharap atas kedatangan Presiden Joko Widodo nanti, persoalan Kabupaten Rote bisa teratasi dengan baik karena mendapatkan sentuhan langsung dari orang nomor satu di Republik Indonesia itu, termasuk juga potensi agrobisnis buah lontar yang disebut Bima menjadi icon tersendiri bagi Kabupaten Rote.

Jika itu berjalan dengan baik, Bima meyakini betul potensi yang ada di Kabupaten Rote akan terkelola dengan sangat baik, apalagi ia mengatakan jika ia bersama dengan wakilnya tersebut akan melakukan pengembangan dari desa ke desa, sesuai dengan pola pemerintahan Jokowi saat ini yakni membangun negeri dari daerah.

“Komitmen saya dengan pak wakil adalah, kami akan fokus di daerah, di desa. Kalau pemerintah Pak Jokowi adalah pembangunan dari daerah, ya bersinergi dengan kami. Karena kami akan fokus dari daerah dan desa sehingga PAD (pendapatan asli daerah) bisa meningkat,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Independen Online Media of Indonesia brings the Latest News & Top Breaking headlines on Politics and Current Affairs in Indonesia & around the World, Sports, Business.

MERDESA ATAU MATI !!.

Copyright © 2017 Konspirasinews.com

To Top