Kontra

Pemilihan Capim KPK Harus Dibuka Transparan ke Publik

Willy di AkpolJakarta – Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98) menilai perseteruan antara Menteri ESDM Sudirman Said dengan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) soal pencatutan nama Presiden dan Wapres minta jatah PT. Freeport adalah sesuatu tontonan politik yang tidak mendidik.

“Isu perseteruan Sudirman Said vs Setnov adalah tontonan politik yang tidak mendidik,” kata Ketua Presidium Jari 98 Willy Prakarsa, Kamis (26/11/2015).

Menurut aktivis 98 ini, sebenarnya ada isu yang lebih nyentrik ketimbang isu perseteruan kedua pejabat negara tersebut, yakni mengenai integritas calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) yang akan di uji kelayakan dan kepatutan fit and proper test.

“Ini harus dibuka secara transparan ke publik soal pemilihan capim KPK,” ujar dia.

Diketahui, Komisi III kini melakukan penundaan uji kelayakan dan kepatutan fit and proper test terhadap delapan calon pimpinan KPK yang dinilai kurang memadai dan tidak adanya unsur dari Kejaksaan.

Lebih lanjut, Willy mengaku sepakat dengan Komisi III yang meminta agar capim KPK itu dikembalikan ke pansel karena tidak adanya unsur dari Kejaksaan dan berkas laporan hasil seleksi Pansel itu dinilai tidak memadai, khususnya untuk data tentang delapan nama calon, sangat minim.

“Ini tidak ubahnya seperti laporan kegiatan arisan lingkungan,” bebernya.

Willy pun menyarankan agar lembaga antirasuah tersebut tetap harus ada dua unsur lembaga penegak hukum yaitu KPK dan Kejaksaan. Jika hal itu tidak dilakukan, maka bubarkan saja KPK dan kembalikan penegakan tindak pidana korupsi ke dua institusi Bhayangkara dan Adhyaksa itu.

“Kalau itu tidak dilakukan saya lebih setuju KPK cepat bubar dan kembalikan ke Kejaksaan dan Polisi. Gedung KPK yang baru pun bisa di launching sekaligus untuk isi pegawai Kejaksaan dan Kepolisian,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Independen Online Media of Indonesia brings the Latest News & Top Breaking headlines on Politics and Current Affairs in Indonesia & around the World, Sports, Business.

MERDESA ATAU MATI !!.

Copyright © 2017 Konspirasinews.com

To Top