Kontra

Buruh Diimbau Tak Terjebak Permainan Politik dan Jadi Komoditi

buruh dan pemerintahJakarta – Ribuan buruh kembali akan turun ke jalan menyampaikan beberapa tuntutannya yakni bentuk pansus upah, kasus freeport gate dan pelindo 2 gate.

Barisan Insan Muda (Bima) pun menyoroti beberapa tuntutan yakni berkaitan soal Freeport gate yang sudah masuk ke ranah politik dan sudah di proses di Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

“Saya kira itu sudah masuk ranah politis. Buruh harusnya menuntut yang berkaitan dengan Upah Minimum Pekerja (UMP), upah layak atau hak pekerja. Jadi jangan giring buruh ke gerakan politis dan ikut-ikutan problem Freeport,” ungkap Sekjen Bima Syarief Hidayatullah, Senin (7/12/2015).

Lebih lanjut, Syarief juga secara gamblang menyebut gerakan buruh akhir-akhir ini sudah diboncengi kepentingan politik. Ia pun mencium ada mesin politik yang sengaja ikut mencampuri dan memanas-manasi suasana.

“Apa kaitan bagi-bagi jatah Freeport dengan buruh. Kok jadi ikut campur masalah Freeport,” ucap dia.

Seharusnya, kata Syarief, kekuatan politik yang kalah pemilu harus lebih beretika dalam politik jangan membuat hiruk pikuk yang tidak jelas dengan memanfaatkan aksi buruh.

“Kawan-kawan buruh jangan terjebak dalam polemik politik,” bebernya.

Sementara itu, Pengamat masalah perburuhan Hadi Subhan menilai sikap buruh saat ini tidak realistis dan sumir dan keluar dari track nya yakni soal kesejahteraan buruh itu sendiri.

“Buruh jangan terjebak permainan politik dan menjadi komoditi,” kata Subhan.

Subhan menghimbau agar buruh fokus dua atau tiga aspek perjuangan saja misalnya aspek regulasi dalam upaya penghapusan sistem outsourcing atau alih daya.

“Buruh jangan tumpahkan semua aspirasi dalam aksi satu hari,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Independen Online Media of Indonesia brings the Latest News & Top Breaking headlines on Politics and Current Affairs in Indonesia & around the World, Sports, Business.

MERDESA ATAU MATI !!.

Copyright © 2017 Konspirasinews.com

To Top