Pro

Sosok Perempuan Pimpin KPK, Sebuah Kemajuan Emansipasi Wanita dalam Pemberantasan Korupsi

Jakarta – Aktivis 98 tergabung dalam Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (Jari 98) menyebutkan jika Komisi III meloloskan sosok calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK) dari perempuan akan menjadi fenomena baru, karena untuk pertama kalinya perempuan menjadi pimpinan KPK.

“Kalaupun Komisi III meloloskannya, saya kira itu sebuah fenomena baru. Dan satu-satunya perempuan itu adalah Irjen Pol Basaria Pandjaitan yang juga merupakan satu-satu Polwan berpangkat Irjen Pol di Indonesia. Presiden saja pernah dari kalangan perempuan, kenapa KPK tidak,” kata aktivis Jari 98 perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ditemui di Bandara Soekarno Hatta persiapan menghadiri acara deklarasi Masyarakat Peduli Jaksa (MPJ) dikantor Walikota Jakbar, Jumat (11/12/2015).

Sebelumnya, tim Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menginginkan adanya perempuan untuk menjadi komisioner lembaga antirasuah.

Ketua Pansel KPK Destry Damayanti bahkan mengungkapkan bahwa timnya membuka
peluang besar kepada para perempuan untuk
memimpin KPK.

“(Peluang) mestinya besar. Sekarang tinggal
kita bagaimana bisa mendorong mereka untuk
daftar,” ujar Destry di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (25/5).

Lebih lanjut, Fathulloh merasa optimis jika Basaria terpilih dipastikan para pelaku korupsi akan berpikir berulang kali. Kata Fathulloh, Basaria dikenal tegas dalam menuntaskan berbagai perkara baik pidana umum maupun pidana korupsi. Selain itu, kata Fathulloh, Basaria juga tidak pandang bulu.

“Faktanya beliau tidak tanggung-tanggung periksa mantan Kabareskrim Komjen Pol. Susno Duadji hingga dijadikan tersangka,” ungkap dia.

Fathulloh berharap Basaria mampu menciptakan sinergitas antara Kepolisian dan Kejaksaan serta mengoptimalkan mewujudkan amanat reformasi 98 dengan menegakkan supremasi hukum, khususnya dibidang penindakan korupsi.

“Semua akan terjawab jika kiranya Allah Swt dan rakyat mengamanatkan amanat tersebut terpilih sebagai pimpinan KPK. Kami dari elemen Jari 98 menyatakan mendukung Basaria sebagai pimpinan KPK dan harapan kami kepada teman-teman lintas fraksi khususnya di Komisi III DPR RI agar mendukungnya,” tutup Fathulloh.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Independen Online Media of Indonesia brings the Latest News & Top Breaking headlines on Politics and Current Affairs in Indonesia & around the World, Sports, Business.

MERDESA ATAU MATI !!.

Copyright © 2017 Konspirasinews.com

To Top