Pro

Basaria Panjaitan Kembali Didukung Dedengkot HMI dan Aktivis 98 untuk Pimpin KPK

Basaria Panjaitan KPKJakarta – Ketua Umum Perhimpunan Gerakan Keadilan (PGK) Bursah Zarnubi mengaku senang dengan lolosnya calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) dari unsur Polri Irjen Pol. Basaria Panjaitan.

Sebab, kata Bursah, dirinya dan Basaria sama-sama pernah dalam satu almamater Resimen Mahasiswa (Menwa) di Jayabaya. Bursah pun menyakini Basaria mampu untuk memimpin lembaga antirasuah.

“Dia mumpuni. Saya bangga sebagai alumni. Mudah-mudahan terpilih,” ungkap mantan Ketua HMI, Senin (14/12/2015).

Lebih lanjut, dedengkot aktivis HMI itu mengingatkan agar kapasitas KPK kedepan bukan hanya tangkap basah tapi harus melakukan penyelidikan masalah keuangan yang besar. Selain itu, lanjut Bursah, pimpinan KPK terpilih bisa mengungkap kasus besar Century, dan BLBI. Sebab, kasus itu adalah kejahatan terhadap negara.

“Saya salah satu pendemonya dulu. Itu kejahatan didalam negara melebihi subversif. Kita masih bayar bunga rekap. Padahal pajak kita yang bayar. Itu beban negara dan rakyat yang terbeban,” ucapnya.

Sementara itu, Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia 98 (Jari 98) menolak anggapan jika perwakilan pimpinan KPK dari unsur Kepolisian yang berada di KPK hanya akan membuat gembos lembaga antikorupsi tersebut.

“Kayaknya lima tahun pertama semua memuji KPK. Siapa yang memimpin? Pak Ruki, kan,” tegas Sekjen Jari 98 Ir. Arwandi.

Lebih lanjut, aktivis 98 itu mengatakan adanya pendapat yang mengatakan Taufiqurahman Ruki sebagai sosok yang melemahkan KPK, hanyalah berasal dari LSM-LSM yang tidak mampu mengatur-atur Pelaksana Tugas Ketua KPK saat ini tersebut. Sebaliknya, kata dia, unsur Kepolisian yang ada di tubuh KPK sejauh ini kinerjanya baik-baik saja. Justru, faktanya dari unsur lain dan sipil yang pernah bermasalah.

“Polisi, selama mereka di KPK, bagus (kinerjanya)!,” bebernya.

Saat ini, Komisi III DPR RI tengah menjalani uji kepatutan dan kelayakan terhadap delapan nama yang diajukan Presiden Joko Widodo, hasil seleksi Panitia Selksi Calon Pimpinan KPK 2015, dan dua nama yang telah dipilih sebelumnya.

Di antara delapan nama yang diajukan Presiden Jokowi, salah satunya berasal dari unsur Kepolisian, dan satu-satunya Capim KPK bergender perempuan, Inspektur Jenderal Polisi Basaria Panjaitan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Independen Online Media of Indonesia brings the Latest News & Top Breaking headlines on Politics and Current Affairs in Indonesia & around the World, Sports, Business.

MERDESA ATAU MATI !!.

Copyright © 2017 Konspirasinews.com

To Top