Pro

LIMA: Penanganan Terorisme Kewenangan Polri bukan TNI

Perkuat PolriJakarta – Lingkar Madani Indonesia (LIMA) menilai institusi Kepolisian sangat tepat untuk menangani aksi teroris didalam negeri yang telah menjalankan amanat Undang-Undang, ketimbang Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Teroris itu ancaman keamanan dalam negeri yang memang kewenangan Polri, bukan TNI. Dan Polisi itu fungsinya penegakan hukum,” tegas Direktur LIMA Ray Rangkuti.

Hal itu mengemuka saat diskusi publik bertema ‘Revisi KUHP dan KUHAP untuk Memperkuat Tugas Polri dalam Mencegah dan Menanggulangi Terorisme’ di Hotel Alia Cikini Jakarta, Rabu (3/2/2016).

Turut hadir narasumber lainnya aktivis Kontras M. Arif Noer Fikri, LBH Jakarta Bahrain, Ketum HMI Badko Jabotabeka Banten Zulkarnain, dan Praktisi Pengajar Hukum Mansyur Marzuki Harahap.

Kendati demikian, Ray mengkritik korps Bhayangkara itu yang dianggap latah ikut-ikutan revisi KUHP dan KUHAP tersebut. Kata dia, seharusnya Polri mengoptimalkan UU yang sudah ada. Ray pun menyebutkan tiga hal/syarat UU itu layak untuk diajukan revisi yakni UU nya apakah ada permasalahan didalamnya, kedua, adanya permasalahan kasus yang meliputi suatu kasus hukum yang tak bisa di tangani dan terakhir upaya untuk mencegah.

“Ini tidak akan efektif apabila ada revisi namun pelaksanaannya tidak optimal maka akan terjadi berulang-ulang permintaan revisi. Juga kejahatan tidak dapat diselesaikan ini kan sama saja percuma diadakan perubahan dan revisi. Seharusnya evaluasi menyeluruh bukan tambah kewenangannya,” tuturnya.

Ray pun menyarankan agar Polri harus bisa melakukan fungsi pencegahan sehingga dapat mengoptimalkan kerjanya sesuai dengan amanat UU. Selain itu, Ray mengingatkan dalam konteks penegakan hukum, kewenangan Polri juga mengatasi dan memberantas tindak pidana korupsi.

“Polri harus melakukan evaluasi baik peristiwa Bom Thamrin atau lainnya. Jumlah Polri masih tidak ideal jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang ada. Apalagi ditambah kewenangannya, makin tambah beban saja. Lebih baik tambah saja jumlah anggota Polisinya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Independen Online Media of Indonesia brings the Latest News & Top Breaking headlines on Politics and Current Affairs in Indonesia & around the World, Sports, Business.

MERDESA ATAU MATI !!.

Copyright © 2017 Konspirasinews.com

To Top