Kazanah

ICW: Katrok, Densus 88 atau Polisi yang Tangani Kasus Curanmor ?

Jakarta – Indonesian Corruption Watch (ICW) mengkritisi kinerja Densus 88 terkait peristiwa tewasnya terduga teroris Siyono di Jawa Tengah.

Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donald Fariz menilai segala tindakan Densus 88 yang notabene pasukan elit Polri katrok dalam penegakan hukum.

“Menurut saya, Densus 88 ini adalah pasukan elit tapi segala tindakannya kok katrok dalam penegakan hukum,” kata Donald dalam konferensi pers mencari keadilan untuk Suharmi di Aula KH. Ahmad Dahlan Pusat Dakwah Muhammadiyah Jalan Menteng Raya 62 Jakpus, Jumat (1/4/2016).

Lebih lanjut, Donald yang mengaku pernah mengikuti pelatihan antikorupsi di lembaga pendidikan Akpol Semarang dan ditempat tersebut menjadi pusat antiterorisme di Asia Tenggara. Tapi, Donald menyebut tindakannya Densus condong seperti polisi-polisi yang menangani kasus curanmor.

“Ini kan pasukan elit yang menuntut tindakan-tindakannya sangat detail dan kehati-hatian dalam menjalankan prosedur. Itulah kritik kita, harusnya dituntut,” ucap dia.

Tak hanya itu, Donald mendorong agar Densus perlu dilakukan audit dan dibentuk di Pansus DPR. Kata dia, jangan hanya fungsi penyadapan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saja yang diributkan tapi ini kinerja Densus juga menjadi perhatian.

“Ini perlu diaudit dan dibentuk Pansus. DPR jangan hanya diam saja,” ujarnya.

Lebih jauh, Donald mengingatkan fungsi legislatif memiliki kewenangannya yakni membentuk pansus dan segera memanggil Kapolri untuk mempertanggung jawaban kasus tersebut.

“Jangan ribut soal penyadapan KPK, karena itu tidak ada yang mati. Kalau ini ada yang mati. Ini cenderung abuse of power,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Independen Online Media of Indonesia brings the Latest News & Top Breaking headlines on Politics and Current Affairs in Indonesia & around the World, Sports, Business.

MERDESA ATAU MATI !!.

Copyright © 2017 Konspirasinews.com

To Top